Jumat, 07 November 2008

ANALISIS SISTEM INFORMASI DATA GAJI KARYAWAN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIN BATUSANGKAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini semakin pesatnya suatu ilmu pengetahuan yang berkembang, maka semakin modern pula suatu alat-alat yang diciptakan manusia dalam menangani informasi yang sedang berjalan di segala bidang. Sehubungan dengan meningkatnya teknologi maka diciptakan suatu alat elektronika yang dapat diandalkan dalam pengolahan data dan informasi yang cepat dan tepat.
Di samping itu komputer juga dapat menyediakan Sistem Informasi untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan seperti Sistem pengolahan gaji karyawan, data karyawan dan lain-lain, dalam hal ini timbullah keinginan untuk membangun Sistem Informasi yang dapat mempermudah di Pondok Pesantren Darul Muttaqin yang mana telah menggunakan komputer sebagai penunjang aktivitas pekerjaannya, namun pada bagian penggajian masih dilakukan secara manual karena belum ada program yang dirancang khusus untuk mengolah data penggajian tersebut. Pengolahan data yang dilakukan secara manual akan mengakibatkan keterlambatan informasi dan kebenaran perhitungan kurang terjamin, sehingga sangat mempengaruhi proses pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Selain itu dalam pembuatan laporan-laporan sering terlambat atau terjadi kekacauan karena data yang ada yang akan diolah tersebut sering tidak efisien dan efektif. Sehingga laporan-laporan yang dibutuhkan seharusnya tepat waktu sampai pada pimpinan mengalami kemunduran-kemunduran atau tidak sesuai dengan waktu yang telah diputuskan sebelumnya.
Pengolahan data secara manual tersebut dapat menghambat informasi yang dibutuhkan karyawan, personalia, pimpinan bahkan pada bagian keuangan. Sehingga pimpinan merasa kurang puas terhadap informasi yang telah ada.
Mengoptimalkan penggunaan komputer yang ada untuk mengatasi masalah agar informasi yang diperoleh lebih cepat, tepat dan akurat, hal ini disusun dalam bentuk skripsi dengan judul “ANALISIS SISTEM INFORMASI DATA GAJI KARYAWAN DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIN BATUSANGKAR”.
B. Identipikasi Masalah
Berdasarkan studi lapangan yang penulis lakukan pada Pondok Pesantren Darul Muttaqin Batusangkar yaitu :
1. Pengolahan data penggajian yang belum efektif dan efesien.
2. Masih memerlukan file manual untuk mengecek data karyawan.

C. Batasan Masalah
Agar penelitian tidak mengambang dan lebih terarah maka penulis menetapkan permasalahan pada sistem pengolahan data gaji karyawan dengan mengoptimalkan penggunaan sistem komputerisasi agar tercapai hasil yang lebih optimal.
D. Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang perumusan masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan yang ada sebagai berikut :
1. Sistem yang lama belum dapat menghasilkan hasil yang optimal dalam melakukan pengolahan data personalia terutama data gaji karyawan.
2. Memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang optimal.
3. Menghindari terjadinya kesalahan dalam pemasukan dan pengolahan data gaji karyawan.
E. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian :
1. Membantu pihak Pondok Pesantren Darul Muttaqin dalam menyusun data gaji karyawan secara komputerisasi.
2. Mengatasi kekurangan sistem yang lama sehingga menghindari kesalahan pengolahan data gaji karyawan.
3. Menangani masalah prosedur yang dalam hal ini proses putusan yang cepat dan terkontrol.
Manfaat Penelitian :
1. Menambah wawasan suatu sistem informasi berbasis komputer sesuai dengan disiplin ilmu yang didapat di kampus dan sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan program studi strata satu (S1) pada STMIK Indonesia Padang.
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi Pondok Pesantren Darul Muttaqin Batusangkar dalam upaya penyempurnaan, pemberdayaan, pengolahan data gaji karyawan, penyajian informasi data karyawan dan pembuatan laporan-laporan.
F. Metode Penelitian
Untuk memenuhi sasaran yang diinginkan serta mendapatkan hasil yang lebih baik, dalam melakukan penulisan ini penulis menggunakan metode penelitian yang sesuai dengan permasalahan yang dibahas, yaitu :
1. Penelitian Lapangan (Field Research)
yaitu metode penelitian dengan cara melakukan pengamatan langsung ke objek penelitian, dimana dalam hal ini penulis melakukan survey langsung ke Pondok Pesantren Darul Muttaqin untuk mendapatkan data serta informasi yang dibutuhkan. Adapaun metode yang digunakan dalam penelitian lapangan ini antara lain :
a. Observasi (observation )
yaitu melakukan pengamatan secara langsung dan mencatat data yang sistematik dengan tujuan agar memperoleh data yang objektif.
b. Membuat daftar pertanyaan (questioner )
c. Wawancara langsung (interview)
yaitu mengumpulkan data dengan mengadakan kegiatan tanya-jawab langsung kepada pimpinan dan pihak-pihak terkait.
2. Penelitian Perpustakaan (Library Research)
yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan membaca buku-buku, literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.
3. Penelitian Laboratorium (Laboratorium Research)
Penelitian ini dilakukan dalam hal pengujian sistem baru yang dirancang untuk menghindari kesalahan-kesalahan dan memaksimalkan kinerja program aplikasi yang dihasilkan. Perancangan tersebut kemudian akan diuji cobakan dengan program pada labor STMIK Indonesia Padang.

1 komentar:

Puji_Konsep Ekonomi Islam mengatakan...

mau dong dikirimin skripsinya, ke younie3nil@yahoo.com
jazakallah ............